Perbandingan Apple Maps Vs Google Maps. Masihkah Google Maps Unggul?


Peta digital adalah salah satu fitur penting yang wajib ada di smartphone. Dengan bantuan aplikasi tersebut kamu bisa mencapai suatu tempat yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi dan juga meminimalisir untuk tersesat. Ingat, hanya meminimalisir ya, bukan mencegahmu tersesat. Hehe.

Dulu, Google Maps masih tersedia di iDevice. Namun, semenjak iOS 6 diluncurkan pada tahun 2012, Apple telah membuat peta digital sendiri. Salah satu tujuannya jelas, Apple tidak ingin ada monopoli dalam bidang navigasi di produknya.

Perjuangan Apple Maps bukan tanpa kendala lho, di saat peluncuran awalnya ternyata banyak bug yang mampir di Apple Maps yang kita semua pasti udah tau lah apa saja kendalanya. Akhirnya sebagian besar pengguna iDevice pun beralih ke Google Maps yang mana aplikasi tersebut juga masih tersedia di App Store.


Apple Maps Vs Google Maps : Akurasi Data



Kalo berbicara soal data, Google telah mengakuisisi Skybox, sebuah perusahaan citra satelit resolusi tinggi guna meningkatkan akurasi dari petanya. Google juga memperkerjakan karyawannya yang dibuatkan dalam satu tim khusus untuk mengecek secara manual petanya dan mengkoreksinya. Mereka juga merespon ribuan masalah yang dilaporkan setiap harinya oleh pengguna Google Maps.

Dengan manuver seperti itu, menurutmu apakah Apple sudah terlalu berani dalam menantang Google untuk urusan peta? Tidak! Ternyata Apple juga mengakuisisi perusahaan Locationary yang berfokus mengumpulkan data dari para agennya baik itu yang menggunakan transportasi publik, bersepeda bahkan berjalan kaki.

Tidak berhenti sampai disini, Apple juga mengakuisisi Embark, Inc, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengumpulan data yang berkaitan dengan sistem transportasi publik. Dengan semua akuisisi tersebut, sangat diharapkan Apple Maps menjadi lebih akurat. Tapi ketika digunakan untuk menunjukkan jalan, ternyata sesekali Apple Maps masih menunjukkan ketidakakuratannya.


Apple Maps Vs Google Maps : Route planning – walk, train, bus, car



Sering menavigasi sekitar menggunakan peta digital? Hmm, kamu beruntung banget deh. Karena Google dan Apple sama-sama mempunyai fitur kesukaanmu itu dan akan terus mengembangkannya. Kedua perusahaan ini juga menawarkanmu informasi travel secara realtime dan menampilkan trafik lalu lintas jalan yang akan kamu lewati.

Ketika kamu mencari misalnya tempat makan disekitarmu, Google Maps akan menampilkannya lengkap dengan jarak tempuh dari lokasimu berada. Google juga memberimu informasi penting lainnya terkait tempat makanmu seperti waktu operasionalnya, deskripsi tempat makan tersebut, dan gambar berdasar rating orang yang telah mengunjungi tempat tersebut.

Ketika kamu menggunakan Apple Maps dan akan mencari tempat makan, Apple Maps tidak akan menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar namun berbentuk pin drop berwarna merah. Memang, hal ini akan mengurangi kenyamananmu dalam mencari tapi Apple tetap menampilkan informasi penting terkait apa yang kamu cari kok. Tenang aja, cuma beda tampilan saja.


Apple Maps Vs Google Maps : Turn by turn navigation



Beruntunglah sebagai pemakai karena kedua raksasa teknologi ini memanjakan kita dengan fitur ini. User interface turn by turn navigation Google Map memberikan banyak informasi dan petunjuk arah yang harus kita lakukan ke depannya.

Lebih beruntung lagi Apple Maps, selling point terbesarnya adalah menampilkan peta secara tiga dimensi ketika kita menggunakan fitur Turn by turn navigation. Hmm, serasa nyata bukan?

***

Apple Maps Vs Google Maps : Kesimpulan


Dari kesemua yang sudah saya utarakan diatas, Apple sepertinya telah berlari kencang mengejar ketertinggalannya dalam bidang navigasi. Memang, diawal peluncuran Apple Map banyak ditemukan bug. Tapi seiring berjalannya waktu, hal tersebut menghilang. Apple telah mengerahkan banyak tenaga untuk memperbaikinya demi mengalahkan Google Maps.

Bagi kamu yang sudah terbiasa atau malah kecanduan sama Google Maps, ngga ada salahnya kamu nyobain produk Apple sekali-kali terutama untuk aplikasi Apple Mapsnya. Selamat mencoba ya..!

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

0 comments: