Perbandingan iPhone VS Android. Mana yang Paling Keren?


Tidak akan ada habisnya kalau kita membicarakan duo raksasa OS Mobile ini. Banyak inovasi yang dihadirkan dan mereka berdua berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Diantara dari kita pasti bingung menetukan untuk meminang yang mana.


Di artikel ini, saya akan membandingkan tugas dasar yang bisa dilakukan di Android maupun di iPhone. Beberapa gambar dan penjelasan di bawah ini bisa kamu jadikan gambaran dalam menilai kedua smartphone ini. Manakah yang terbaik untukmu? Tentukan pilihanmu!


LOGIN



iPhone hadir dengan TouchID Fingerprint-nya. Kalo kita membicarakan android, memang ada fitur unlock menggunakan wajah. Tapi fitur ini belum begitu sempurna dan masih banyak kekurangan. Selain itu, unlock menggunakan wajah juga memerlukan waktu yang agak lama sehingga menjadikan pengguna Android agak malas untuk mengaktifkan fitur ini.


BUAT PANGGILAN



Kontak favorit adalah fitur yang menurut saya bagus di iPhone, diurutkan secara cerdas berdasarkan orang yang sering kita hubungi. Belum lagi ditambah fitur Face Time dari iPhone yang memukul telak kompetitor karena di Android belum ada aplikasi bawaan yang mirip aplikasi iPhone.


MENGECEK WAKTU



Baik iPhone atau Android akan menunjukkan waktu (hari dan tanggal) ketika kita menyalakan layarnya. Tapi beberapa smartphone Android seperti Samsung dan HTC bisa menyala otomatis saat diambil dari saku, berbekal smartcover dan sensor yang disandang tentunya.


MENGAMBIL FOTO/VIDEO



Kamera yang disematkan di smartphone Android tergolong hebat dan "mengerikan". Beberapa smartphone Android seperti Sony bahkan telah menyematkan sensor kamera sebesar 20.7 megapixel (Xperia Z1 contohnya).

User interface dalam mengelola foto di Android juga bagus dan lebih baik dibanding iPhone. Belum lagi dukungan Google Photo yang memberikan storage tanpa batas, beda jauh deh kalo dibandingkan dengan layanan iCloud dari Apple.


MENGETIK



Apple telah mengubah sedikit tampilan keyboard virtualnya. Dengan mengganti huruf kecil semua (lowercase) ketika tidak dalam mode huruf kapital. Namun, keyboard virtual bawaan android tetap lebih baik, apalagi dengan tambahan fitur swipe gesture yang bisa mempelajari kebiasaan kita dan akhirnya juga menyesuaikannya.


PENATAAN APLIKASI



Aplikasi yang diatur oleh iPhone maupun Android memang bagus. Namun, di Android kita lebih bisa mengkustomisasi icon-icon kita dengan mengelompokannya. Di Android, kita bisa memindahkan icon penting ke homescreen. Jika di iPhone, kita kurang bisa menatanya dikarenakan tiadanya app drawer.

Ditambah satu lagi, Android widget juga tersedia untuk berbagai macam kebutuhan kita. Di dalam Android, kita bisa mengkustomisasi widget. Memasang dan menghapusnya juga mudah.


NOTIFIKASI



Di iPhone, kita bisa melihat notifikasi tanpa membuka kuncinya. Di Android, kita bisa memilih notifikasi mana yang lebih penting dan menempatkannya di paling atas. Menghapus notifikasi di Android juga sangat mudah, hanya dengan satu kali sapuan jari maka semua notifikasi hilang.


MUSIK/PODCAST



Android memiliki aplikasi pemutar musik di Google Play Music dimana ada penawaran gratis yang menggoda dan iklan seputar musik. Apple punya Apple Music yang terintegrasi baik dengan iTunes Downloadsmu.


CEK EMAIL REAL TIME



Android mempunyai aplikasi Gmail untuk membuka email kamu, tidak peduli kamu menggunakan Yahoo atau layanan email lainnya. Ini adalah fasilitas yang amat bagus jika kamu mempunyai banyak email. Di dalam Android kamu bisa dengan mudahnya mengelola banyak akun. Tak seperti Android, iPhone kurang user friendly dalam pengelolaan multi akun.


PETUNJUK JALAN DIGITAL



Google Maps adalah aplikasi terbaik kalo kamu suka kesasar atau traveling ke tempat baru. Aplikasi ini tersedia buat iPhone maupun android, tapi user experience-nya tetap lebih nyaman di Android. Jadi Siri-nya iPhone gak bisa dipake di Google Maps ya. Siri hanya bisa dipakai di Apple Maps yang kita tau untuk sekarang ini Apple Maps masih dibawahnya Google Maps untuk kualitasnya.


MODE PENCARIAN



Urusan pencarian, memang masternya adalah Google. Tapi Apple Spotlight mencari lebih banyak hal daripada yang dilakukan Google. Beberapa yang masuk daftar pencarian Apple Spotlight adalah email, podcast, pengingat, catatan, acara di kalender, memo suara dan tulisan. 


MODE GETAR



iPhone mempunyai tombol sendiri yang didedikasikan untuk masuk ke mode getar. Di Android kita harus menyalakan smartphone terlebih dahulu, membuka kunci dan memencet salah satu tombol volume barulah kita bisa mengaturnya di layar touchscreen. Yah, lumayan panjang jalannya jika di Android.


ASISTEN PRIBADI



Android Voice Assistant menuliskan apa yang kamu ucapkan, tetapi terkadang pengucapan kita harus sempurna jika kita tidak ingin Android voice assistant salah arti. Siri-nya Apple mempunyai personality yang menyenangkan dan mengerti dengan bahasa kita yang tidak harus sempurna-sempurna banget. Intinya, Siri lebih baik daripada Android Voice Assitant.

***

Dari kedua platform yang berbeda, kita pasti menemukan kekurangan dan kelebihannya. Hal tersebut juga pasti hasilnya berbeda untuk orang lain dengan kebutuhan yang berbeda.

Saya tidak akan memutuskan mana yang lebih baik karena hal tersebut kembali ke kamu sebagai pengguna, seperti yang saya utarakan diatas, beda orang pasti beda kebutuhan.

Analisa kebutuhanmu, sesuaikan budget dan pelajari dengan seksama supaya smartphonemu benar-benar memudahkan hidupmu.

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

1 comment:

  1. waah asli jelas bgt ini .. jadi inginkan beli iphone, tapi harganya segitu wkwkwk bisa buat makan 2 tahun

    ReplyDelete