Amankah Data Kita di iPhone?


Kamu tahu Syed Ridwan Farook? Dia adalah teroris pelaku penembakan di San Bernardino beberapa waktu lalu. FBI selaku pihak yang menangani ini mengalami kebuntuan dalam membuka kunci di iPhone 5C milik sang teroris tersebut.

Apple bersikukuh untuk tidak membantu FBI membuka kunci iPhone 5S-nya dengan alasan privasi. Menurut saya hal ini wajar karena yang dipertaruhkan adalah keamanan data ratusan juta orang yang taat hukum, dan menetapkan preseden berbahaya yang mengancam kebebasan bagi semua orang.

Dari kasus tersebut, sekilas kita bisa menilai betapa Apple amat menjunjung tinggi perlindungan privasi terhadap konsumennya, tak peduli apa profesi konsumen dan tak peduli hal buruk apa yang telah dilakukan konsumen. Great Job buat Apple.

***


Kalo tadi baru lihat sekilas, dibawah ini akan saya ulas mengapa Apple bisa dikatakan amat menjunjung tinggi privasi. Ya karena memang Apple mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk itu. Memang apa aja sih yang bikin data kita aman di iPhone? Silahkan dilanjutkan membacanya yaa.


Langkah-langkah Privasi iPhone : Passcode



Ya, fitur ini pasti dianggap sederhana dan beberapa dari kamu pasti berpikir bahwa fitur ini akan sangat mudah dibobol. Ternyata salah! Dengan kita mengaktifkan Passcode, iPhone kamu benar-benar aman. Bahkan FBI pun tidak bisa membobolnya, seperti yang dilakukan Syed Ridwan Farook.

Jika kamu mau, iOS akan menghapus data di iPhonemu jika seseorang mencoba membuka Passcode dan salah lebih dari 10 kali. Caranya lewat Settings > Touch ID & Passcode, masukan password Passcodemu dan scroll kebawah untuk Erase Data. Lakukan ini kalo datamu benar-benar privat dan iPhonemu rentan dicuri. Tips ini ngga cocok bagi orang yang banyak punya temen iseng ya. Bisa-bisa fotomu sama gebetan kehapus semua..!


Langkah-langkah Privasi iPhone : Touch ID



iPhone 5S dan seterusnya datang dengan fitur ini, sangat membantu karena ternyata iPhone mengenkripsi scan sidik jari kita, tidak seperti fingerprint sensor milik beberapa ponsel Android yang tidak mengenkripsnya dan rentan dengan malware. Baca : Kelebihan iPhone dibanding Andoid.

Tapi bagi kamu pemilik iPhone 5 kebawah tidak usah khawatir, masih ada Passcode kok yang bisa mengamankan iPhonemu dari tangan-tangan jahil.


Langkah-langkah Privasi iPhone : Secure Enclave



Salah satu keunggulan Apple dalam keamanan data adalah dengan hadirnya fitur ini. Apple mengklaim telah membuat algoritma khusus yang bahkan programmer Apple pun tidak bisa membuka paksa iPhone milik orang lain. Hal ini yang menyebabkan FBI kelimpungan dalam menangani kasus teroris di San Bernardino.

Apple membuat chip terpisah yang menyimpan sidik jari dan data keamanan penting lainnya dimana data akan dienkripsi oleh iPhone. Secure Enclave menggunakan boot sistem yang aman guna memastikan kode mu tidak dapat dimodifikasi. Hal ini menjadikannya sulit untuk dibobol.

***

Dari artikel diatas, apa kamu setuju kalo iPhone membobol iPhone 5C milih Syed Ridwan Farook? Kalo saya pribadi tidak setuju karena dengan iPhone membobol iPhone milik Syed Ridwan Farook akan menjadi pemicu pihak-pihak lain untuk meminta produsen IT guna membobol lebih banyak device bahkan menyusupi, memata-matai data kita dan segalanya yang kita lakukan di dunia maya.

Langkah Apple memang patut diacungi jempol. Bagaimana menurutmu? Silahkan tuliskan pendapatmu dikolom komentar.

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

0 comments: