8 Kelebihan DuckDuckGo Dibandingkan Google Search Engine

Di tahun 2016, kalo kamu pengen nyari tau apa-apa pasti buka Google dan dengan mudahnya kamu bisa tau informasi baik itu lewat teks, gambar, video, animasi dan suara. Secara "gak sadar" kita udah tergantung sama google.

Liat deh, mulai dari ponsel aja Android yang dengan gampangnya kita bisa instal aplikasi dan sekaligus update aplikasinya lewat Play Store. Kontak temen-temen kita di ponsel juga udah sinkron sama Google. Bahkan mau tau cuaca sama trafik lalu lintas aja kita juga bisa tau lewat Google Now.


Dari semua ketergantungan itu ternyata ada 1 hal yang amat mengganggu. Google merekam setiap aktifitas kita dengan search enginenya, merekam video apa saja yang kita lihat di Youtube, dan masih banyak lagi lainnya. Dari itu semua, rekaman tersebut digunakan untuk memunculkan iklan sesuai dengan minat kita. Cerdas kan?


Entah tujuannya apa dibalik itu semua. Pastinya kamu risih dong kalo kegiatanmu dengan Google di-kepo-in? Tenang, disini akan saya ulas pesaing baru Google yaitu DuckDuckGo.

Kamu pasti penasaran, kenapa harus DuckDuckGo? Alasannya simpel, search engine yang satu ini ga bakalan melacak apapun yang kita cari, ya setidaknya sampai hari ini.



Oke, langsung aja lanjutkan membaca. Berikut ini kelebihan DuckDuckGo.



1. Melihat Biodata Sosial Media



DuckDuckGo bisa digunakan untuk melihat profile sosmed orang tanpa kamu harus meninggalkan laman DuckDuckGo. Fitur keren lain yaitu kalo semisal kamu pengen tau detail sosmed seseorang di LinkedIn, kamu gak perlu buka websitenya LinkedIn tapi cukup ketik !linkedin diikuti nama orangnya.


2. Pencarian App Store, Sebagai Alternatif



Cari aplikasi apa saja di DuckDuckGo, maka akan muncul aplikasi dengan nama yang mirip. Coba saja ketik alternative to google seperti gambar diatas, maka akan muncul daftar aplikasi yang fungsinya mirip google.


3. Bisa Menyingkat dan Memperpanjang Link



Kalo kamu menemukan link pendek dengan contoh http://bit.ly/1tYrmaB, buka saja DuckDuckGo dan ketik expand http://bit.ly/1tYrmaB untuk memperpanjangnya. Begitu juga kalo kamu ingin membuat link yang panjang menjadi pendek, ketik saja shorten http://bit.ly/1tYrmaB.


4. Membantu Membuat Password


Kamu ga bisa membuat password yang tidak rawan dibobol? Buka DuckDuckGo dan ketik di kolom pencarian dengan kalimat "Password20". Kamu bakal menemukan 20 karakter password. Kalo random password dari DuckDuckGo masih susah diingat, kamu bisa menggunakan XKCD-style password. Software generator ini akan menyatukan kata-kata umum, menjadikannya mudah diingat namun sulit untuk di crack.


5. Fitur Stopwatch



Dari Google maupun DuckDuckGo sebenarnya mempunyai fitur ini. Kalo di DuckDuckGo cukup ketik stopwatch saja maka akan muncul fitur yang kamu butuhkan.


6. Cek Ketika Website Down



Ketika kamu tidak bisa mengakses website tertentu, mungkin kamu ingin memastikan bahwa website tersebut memang benar-benar sedang down/maintenance atau hanya di komputermu saja yang merespon dalam membuka website tersebut.


7. Fitur Kalender



Google dan DuckDuckGo menyediakan fitur ini, namun DuckDuckGo selangkah didepan dengan menghadirkan fitur melihat kalender tahun lalu bahkan lebih jauh lagi.


8. Fitur Keren Untuk Developer/Pengembang Web


DuckDuckGo menghadirkan beberapa jawaban yang sangat berguna bagi para developer. Kebalikannya, jawaban ini mungkin tidak dibutuhkan bagi kebanyakan orang pada umumnya.

Dibawah ini beberapa jawaban cepat dari DuckDuckGo yang bisa kamu coba :



Bonus

Ada beberapa pertanyaan yang akan langsung mendapatkan jawaban keren dari DuckDuckGo, tapi memang tidak begitu berguna sih bagi orang kebanyakan. Itulah mengapa saya hanya menuliskan 8 kelebihan saja. Beberapa diantaranya adalah :



Itulah beberapa kelebihan DuckDuckGo dibandingkan Google. Kelebihan mana yang menurutmu paling keren dan paling berguna? Atau ada kelebihan lain lagi? Mohon beri masukan via komentar di bawah ini. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

0 comments: