7 Teknologi Futuristik Masa Depan yang Segera Hadir

12:17 PM , , 0 Comments


Teknologi tidak pernah "diam ditempat". Pasti akan selalu berubah, beradaptasi dan berproses. Terkadang kita melihat teknologi masa depan itu tidak mungkin, tapi seiring berjalannya waktu menjadi amat mungkin. Dibawah ini akan saya ulas beberapa teknologi futuristik masa depan.

Sebelum kita membahas teknologi futuristik masa depan, coba deh kita sama-sama tengok teknologi beberapa dekade silam untuk membandingkan dengan teknologi yang ada sekarang.


Di zaman dulu, perangkat komputer sangatlah besar dan membutuhkan daya yang banyak dan kita kenal dengan nama ENIAC. Kamu bisa lihat di Wikipedia tentang sejarah komputer generasi awal. Sekarang, bahkan sebuah PC bisa masuk dalam kantong kita. Seperti yang dibuat Intel dengan nama Intel Compute Stick.


Oke, langsung saja kita bahas beberapa teknologi futuristik masa depan.

1. Jet Pack Internasional H202



Beberapa tahun lalu, jetpack ini hanya divisualisasi di dalam game GTA San Andreas dan film-film yang berbau teknologi masa depan. Namun sekarang, hal tersebut hampir nyata dan bisa kita gunakan.

Dengan bahan bakar hidrogen peroksida, top speed yang dapat dicapai jetpack ini 124 km/h dan ketinggian maksimal 76 meter. Tetapi jetpack ini baru mampu terbang selama 33 detik dengan jarak tempuh maksimal 1 kilometer.


Di masa depan, tentunya jetpack ini mampu memangkas lama perjalanan kita.


2.  Aerofex Aero-X



Kamu sudah pernah nonton film Star Wars? Aerofex Aero-X ini mirip banget dengan Star Wars Speeder bike. Dengan ditenagai mesin 240 tenaga kuda dam dia rotor besar, Aerofex Aero-X ini bisa terbang setinggi 3,6 meter dan mampu melampau kecepatan 75 km/h. Motor canggih ini mampu membawa beban maksimal 150 kg.


Aerofex Aero-X diperkirakan akan dijual dipasaran di tahun 2017 dengan harga 1,1 milyar rupiah.


3. Tangan Bionik dengan Sensor Sentuh



Pada tahun 2013, Denis Aabo Sorensen mempunyai kesempatan yang amat beruntung untuk mencoba tangan bionik dengan sensor sentuhan yang dikembangkan oleh kelompok enginer dan ilmuwan dari Eropa.

Kelebihan tangan bionik ini adalah bisa merasakan sentuhan dan sepenuhnya dikontrol oleh sang pemakai yang tak lain pemakai pertamanya ialah Denis Aabo Sorensen.



4. Baju Besi "Iron Man"



Jangan berharap untuk membeli ini ya, karena ini bukan untuk diperjualbelikan kepada warga sipil. Setidaknya untuk 10 tahun kedepan, setelah itu bukan tidak mungkin teknologi ini bisa diperjual belikan. Semoga aja yah.


5. Makanan dibuat Menggunakan Printer 3 Dimensi



Perlahan tapi pasti, tren printer 3 dimensi pasti akan merambah ke banyak hal. Tidak hanya gadget, di masa depan kita bisa mencetak makanan sesuai dengan rasa dan bentuk yang kita inginkan.

Perusahaan dari Jerman yang bernama Biozoon telah mewujudkan hal ini dengan produk pertamanya SeneoPro. Dengan material makanan khusus yang bisa digunakan sebagai tinta printer, SeneoPro bisa membuat makanan dengan cepat.


Dengan adanya printer 3D ini, bisa mengurangi resiko kita dalam memasak. Kamu bisa membuat hidangan apa saja dengan rasa sesukamu. Kamu juga bisa menambahkan tekstur tertentu dengan warna tertentu supaya hidanganmu terlihat menarik.


6. Wireless Charging Cepat



Saya dulu sempat berimajinasi bahwa di masa depan pasti ada perangkat yang bisa charging jarak jauh. Namun, yang kita tau sekarang tentang wireless charging adalah mengecas perangkat dengan menempelkan perangkat kita ke papan wireless.

Dari perusahaan yang bernama Korea Advanced Institute of Science and Technology, imajinasi saya pun terwujud. Kita bisa mengecas perangkat jarak jauh dengan jarak maksimal 4,5 meter tanpa perlu menempelkan device kita ke papan charger.



7. Hoverboard (Skateboard Terbang)



Memang masih sebatas hoax. Namun kedepannya teknologi ini seperti halnya game Subway Surver akan terwujud. Seperti yang sudah dilansir oleh Funnie or Die, video dibawah ini barulah sebatas guyonan belaka. Namun, tak ada salahnya di bookmark untuk membuktikan kebenaran berita ini di masa depan tentang hoverboard.


***
Semua teknologi futuristik tersebut memang bisa disebut penemuan mutakhir, yang bisa memudahkan kehidupan manusia. Tinggal bagaimana kita bijak atau tidak dalam memanfaatkannya. Sekian. Semoga berguna.

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

0 comments: