Tips Ampuh Menghemat Baterai iPhone (Bagian-2)

5:34 PM , , , 0 Comments


Jika kemarin kita sudah membahas Bagian-1 nya (klik disini bagi yang belum membaca). Kali ini akan saya beberkan tips ampuh lainnya supaya iPhonemu semakin lama terpakainya.

8. Matikan Fungsi Getar


Apa kamu benar-benar butuh fungsi tersebut setiap saat? Karena fungsi getar itu rakus akan daya, jadi semakin banyak notifikasi di iPhone, semakin cepat bateraimu habis.

Cara matikannya gampang aja, tinggal menuju Settings > Sound and you can toggle Vibrate on Ring to off.


9. Kurangi Auto-Lock Time


Ketika kamu aktifkan fitur ini, iPhone mu bakalan mati layarnya dalam waktu tertentu. Kamu bisa menggantinya lewat Settings > General > Auto-Lock. Atur sependek mungkin tapi jangan sampai mengganggu kenyamananmu. Percaya deh, cara ini bakalan jadi salah satu tips ampuh yang menyumbang gerakan hemat baterai iPhonemu.


10. Matikan Fitur Air Drop


Kamu gak bakalan butuh fitur ini sepanjang waktu, jadi matikan saja dengan cara mengusap layar keatas (dari posisi bawah), pilih control center dan matikan fitur ini sampai kamu benar-benar membutuhkannya.


11. Matikan Fitur Location Service


Fitur ini menurut saya masih diragukan dalam kegunaannya melacak posisimu, tapi percayalah fitur ini kalo diaktifin bakalan nguras bateraimu lumayan signifikan. Matikan saja dengan cara lewat Settings > Privacy > Location Services trus matikan aplikasi-aplikasi yang emang kamu tidak butuh untuk dilacak.


12. Matikan Bluetooth


Untuk fitur yang satu ini sudah jelas, kamu gak perlu menghidupkan bluetooth seharian kalo emang gak kepake. Tinggal swipe up aja dan pilih control center.


13. Matikan animasi yang Tidak Perlu


Ada 2 hal yang jelas memakan daya baterai anda cukup besar, yaitu the parallax effect dan dynamic wallpaper. Caranya lewat Settings > General > Accessibility and turn Reduce Motion on trus pergi ke Settings > Wallpapers & Brightness > Choose Wallpaper and pick something from Stills or a photo.

Cara kerja parallax effect sama dynamic wallpaper adalah lewat sensor iPhone yang mendeteksi cara kamu memegang dan memindahkan iPhone.


14. Selalu Gunakan WiFi


Sudah menjadi kesepakatan kita semua bahwa terhubung ke internet lewat paket data kartu seluler kita akan menguras lebih banyak daya baterai, oleh karena itu jika memungkinkan kamu bisa menggunakan WiFi saja dalam rangka menghemat baterai.

Manfaatin waktu hangout bareng temen-temen kamu buat nebeng Wifi. Kalaupun kamu sedang dirumah, kamu tetep bisa kok pake Wifi. Tinggal beli modem wifi aja yang bisa dicolok di adaptor, kalo saya sendiri menggunakan modem ZTE MF70.

Kamu bisa hunting di ELS Komputer jika kamu mau. Ini bukan promosi lho, karena saya juga kalo beli perangkat IT biasanya disana. Selain murah, juga lengkap, garansinya pun gak abal-abal. Ke depannya akan saya tulis pengalaman saya klaim garansi powerbank Asus di ELS Komputer.


15. Nyalakan Fitur AirPlane


Kalo kamu sedang tidak ingin melakukan panggilan atau SMS ke oranglain, atau bahkan pas lagi nonton film di bioskop. Lebih baik nyalakan saja fitur ini karena pasti membantu banget dalam menghemat bateraimu karena iPhone mu beristirahat sejenak dalam mencari sinyal.

Sekian dulu Tips Ampuh Menghemat Baterai iPhone (Bagian-2), nantikan Bagian-3 nya ya dimana itu bakalan jadi bagian akhir dari artikel Tips Ampuh Menghemat Baterai iPhone ini. Semoga berguna.

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

0 comments: