Tips Ampuh Menghemat Baterai iPhone (Bagian-1)

12:20 PM , , , 0 Comments



iPhone adalah teman yang baik, dia bisa meningkatkan gengsi kamu tentunya diluar kemampuannya sebagai digital personal asisten kita. Bener kan? Tapi ada satu hal yang dirasa kurang (ya namanya produk, pasti ada plus minusnya lah yaa), yaitu baterainya yang lumayan boros.

Gak nyaman kan kalo tiba-tiba ditengah aktifitas trus iPhone kita mati sendiri karena kehabisan baterai? Bayangin deh kalo kalian mau nyatet sesuatu, pasti ujung-ujungnya ribet sendiri nyari kertas sobekan buat nyatet agenda atau hal penting tersebut. Hehe. Disini saya akan beberkan beberapa tips ampuh yang bakalan buat baterai iPhone kamu lebih awet.

1. Nyalakan fitur Low Power Mode


Kalo iPhone kamu running di iOS atau setelahnya, berarti kamu salah satu orang yang beruntung dengan kehadiran fitur baru iPhone. Masuk ke Settings > Battery > Low Power Mode.

Fitur ini untuk sementara mengurangi pengecekan email yang secara otomatis, fungsi Siri, application background refresh, download otomatis dan beberapa visual efek lainnya yang dirasa tidak perlu.




2. Kecilkan Volume iPhone Kamu


Sebaiknya, kecilkan volume iPhone kamu dan kalo memungkinkan mendingan pake headset aja. Hal ini walaupun sepele, tapi bisa meningkatkan daya hidup bateraimu. Jangan lupa juga untuk kecilin volume musikmu lewat Settings - Music, kamu juga bisa setting batas volume dan mematikan EQ.


3. Matikan iCloud


Membuat backup otomatis ke iCloud itu juga membuat iPhone kamu cepat habis baterainya. Gunakan iCloud untuk backup data-data penting aja. Cara settingnya tinggal buka Setting - iCloud dan tinggal geser toggle untuk jenis file yang gak pengen kamu backup ke iCloud


4. Matikan Fitur "Hey Siri"


Fitur ini bener - bener gak penting bagi orang Indonesia yang ngomong pake bahasa Indonesia, matikan saja kalo kamu emang gak perlu fitur ini dan tentunya masih ngomong pake bahasa Indonesia.

Fitur ini juga diam-diam rakus daya baterai iPhone kamu karena fitur ini bakalan tetep dengerin kamu bahkan ketika iPhone kamu dalam kondisi charging. Untuk mematikannya mudah, lewat Settings > General > Siri and turn Allow “Hey Siri” off.


5. Gak Usah Repot-Repot Nutup Aplikasi


Kebanyakan orang berfikir bahwa dengan mereka double tap home button dua kali itu bikin aplikasi tetep berjalan di background dan tetap mengurangi daya baterai.

Justru dengan kita sering-sering clear aplikasi yang kita buka, itu malah menghabiskan daya baterai karena untuk membuka aplikasi baru butuh power yang lebih besar dari pada aplikasi yang running di background.


6. Matikan Background App Refresh


Coba deh liat aplikasi yang running, caranya Settings > General > Background App Refresh. Kalo disitu ada aplikasi yang sering menghabiskan daya bateraimu mendingan dimatikan saja update otomatisnya. Ingat, aplikasi yang kamu matikan itu bakalan tetap dapat update dan tetap bisa berjalan normal ketika kamu membukanya. Jadi gak usah khawatir ya..!




7. Matikan Fitur Push Mail


Jangan pesimis dulu bacanya. Coba deh, apakah kamu benar-benar butuh untuk nerima email secepat mungkin? Kalo jawabannya nggak, silahkan lanjutkan baca artikel ini. Kamu bisa matikan fitur ini lewat Settings > Mail, Contacts, Calendars > Fetch New Data and switch from Push to either Fetch or Manual.

Dengan Fetch, kamu bisa buat interval waktu push mail mulai dari 15 menit sekali, 30 menit sekali dan seterusnya. Dengan Manual, kamu bakal dapet update notifikasi email masuk ketika kamu membukanya saja.


Sekian Tips Ampuh Buat Baterai iPhone Awet (Bagian-1). Segera dipraktekkan supaya gak kehilangan momen bersama iPhone kesayanganmu. Nantikan kelanjutan artikelnya di bagian 2 ya. Semoga bermanfaat.

Unknown

Blogger yang suka banget sama coklat. Lahir di Jakarta tapi menetapkan hati serta pekerjaan di Jogja.

0 comments: